logox

Temu Nasional P2K3
Admin 22:23:56,6 Agustus 2021

Perlu Langkah Strategis P2K3 Dalam Penangan Covid-19 di Tempat Kerja
.
Sebagai tindak lanjut dari adanya Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan R.I
No. M/9/HK.04/VII/2021 tentang Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan bagi Pekerja/Buruh oleh Perusahaan selama Pandemi Corona Virus Desease (Covid-19), di mana poin penting dalam SE tersebut adalah mengefektifkan peran P2K3 dalam Penanganan Covid-19 di tempat kerja.
.
Tepat Hari Selasa (27/7/2021) Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI melangsungkan acara Temu Nasional Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) Nasional dengan Menaker, dengan tema” Efektifitas Peran P2K3 Dalam Upaya Penanganan Covid-19”.
.
Dalam laporan, Dirjen Binwasnaker - K3, Ibu @hyrumndng menyampaikan bahwa salah satu tujuan penting dari acara Temu Nasional P2K3 ini adalah memberikan dorongan dan motivasi kepada P2K3 di perusahaan untuk mengefektifkan peran dalam penerapan protokol kesehatan di tempat kerja & penyediaan perlengkapan serta sarana kesehatan bagi Pekerja/Buruh oleh Perusahaan selama pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).
.
Dalam kesempatan yang sama Menteri Ketenagakerjaan RI, Ibu Dr. Ida Fauziyah mengapresiasi adanya acara Temu P2K3 ini serta mendorong dan memberikan motivasi agar peran dan kiprah P2K3 semakin dirasakan oleh para pekerja utamanya di situasi pandemi covid-19.
.
Menurut Ibu Menteri mengingat landasan yuridis yang menjadi dasar adanya P2K3 adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 04/Men/1987 tentang Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Tata Cara Penunjukan Ahli Keselamatan Kerja yang sudah lama, maka sepatutnya peserta/anggota perusahaan sudah banyak yang melaksanakannya.
.
Oleh sebab itu, Ibu Menteri berharap agar P2K3 di masa-masa pandemi ini semakin menampakkan peran atau urgensinya. Ibu Menteri memberikan dorongan agar Kadis/P2K3 melakukan langkah strategis, semisal membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang terkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Pusat (Nasional).
.
Lebih lanjut Ibu Menteri juga berharap agar Prokes betul-betul dijalankan oleh para pekerja di mana saja. Menuju tempat kerja, di tempat kerja, pulang kerja.