logox

Indonesia Kembangkan Program K3 Nasional 2019-2024
Admin 07:30:38,8 Juni 2020

Indonesia saat ini sedang dalam proses mengembangkan dan merumuskan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2019-2024. Program K3 Nasional ini merupakan bagian dari komitmen para aktor utama ketenagakerjaan — Kementerian Ketenagakerjaan, organisasi pekerja dan pengusaha bersama dengan para pemangku kepentingan utama lainnya — untuk terus menerapkan dan meningkatkan budaya keselamatan dan pencegahan K3 di negara ini.

Kementerian Ketenagakerjaan, difasilitasi oleh ILO, menyelenggarakan lokakarya satu hari tentang pengembangan Program K3 Nasional pada 23 Januari di Jakarta. Tujuan utama dari lokakarya ini adalah memperkuat dialog nasional K3, berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian tujuan program K3 serta untuk memperjelas peran dan tanggung jawab di antara para pemangku kepentingan dalam mencapai tujuan Program K3 Nasional.

Direktur Norma K3 Kementerian Tenaga Kerja, mengingatkan para pemangku kepentingan yang menghadiri lokakarya untuk bersama-sama meningkatkan budaya pencegahan K3 di negara ini. “Mengingat adanya peningkatan jumlah kecelakaan kerja, kita juga perlu terus meningkatkan budaya kita dalam mengambil langkah-langkah pencegahan terkait K3. Semua pemangku kepentingan harus bekerja secara sinergis untuk mewujudkan budaya pencegahan K3,” tegasnya.

Sementara perwakilan ILO di Indonesia menyoroti komitmen ILO untuk terus mendukung Indonesia dalam meningkatkan budaya dan mekanisme pencegahan K3. “Program K3 Nasional akan memajukan agenda K3 Indonesia. ILO memiliki perangkat-perangkat K3 dan memadukannya dengan perangkat-perangkat nasional akan memungkinkan tindakan prioritas yang dikembangkan hari ini menjadi bermanfaat bagi semua,” ujar dia.

 

Kontributor : Gerry Aditya HP, S.T., M.T. | Januari 20, 2020